Siapa yang tidak suka hadiah ataupun diskon? Namun, sebagai pebisnis tentu bukan hal yang mudah untuk selalu memberikan hal tersebut kepada calon pembeli karena selain merusak harga pasaran, Anda juga membutuhkan uang yang lebih banyak sebagai modal.

Dibanding memberikan diskon kepada sembarang calon pembeli, mengapa tak membuatnya menjadi program loyalitas? Program loyalitas ini akan membuat pelanggan menjadi pengikut tetap dari merek Anda.

Tidak percaya? Berikut ini akan dibahas 5 alasan mengapa program loyalitas mampu meningkatkan penjualan.

5 Alasan Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan

1. Mampu mengkonversi pelanggan baru untuk kembali membeli

Terlihat jelas bahwa pelanggan yang kembali lebih mungkin untuk melakukan konversi daripada pembeli pertama kali.

Namun, tahukah Anda bahwa kemungkinan mereka untuk berkonversi meningkat setiap kali mereka melakukan pembelian?

Setelah satu pembelian, ada kemungkinan 27% pelanggan akan kembali ke toko Anda. Setelah pembelian kedua, konversi tersebut melonjak menjadi 45%.

Akibatnya, pelanggan berulang lebih menguntungkan karena mereka cenderung berkonversi dan kemungkinan akan membelanjakan lebih banyak per pesanan.

Menjalankan program loyalitas yang tepat untuk merek Anda akan secara dramatis meningkatkan daya konversi program Anda.

Program loyalitas yang tepat untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk industri, tahap bisnis, dan profil pelanggan.

Namun, sementara kebanyakan orang memikirkan poin dalam hal program loyalitas, poin tidak selalu menjadi jawabannya.

Jika Anda memiliki pelanggan berulang dengan nilai masa pakai pelanggan yang tinggi, taruhan terbaik Anda adalah mengenalkan program VIP berjenjang.

2. Hadiah loyalitas membuat Anda lebih menonjol dari pesaing

Konsumen hari ini dihadapkan pada budget yang lebih ketat dan lebih banyak pilihan.

Ketika Anda memberi penghargaan kepada pelanggan untuk melakukan pembelian, Anda berarti telah menonjol sebagai penjual yang akan menawarkan barang lagi.

Saat ini, orang mulai mencari toko online yang menawarkan poin untuk semua jenis barang dagangan yang dijual.

Menawarkan poin kepada pelanggan Anda akan membantu Anda menonjol dalam kerumunan para penjual online sekaligus mampu membuat mereka menjadi loyal.

3. Mengumpulkan poin loyalitas


Penelitian menunjukkan bahwa satu anggota program loyalitas lebih baik daripada dua orang non-anggota. Mengapa?

Menurut survey, anggota akan menghabiskan 13% lebih banyak dibandingkan orang yang belum menjadi anggota.

Contoh: jika Anda memiliki kartu anggota Sushi Tei, Anda tahu bahwa di poin tertentu akan diberikan diskon saat makan di sana. Lalu, apakah Anda tidak menjadi berkeinginan untuk sering berkunjung ke Sushi Tei demi mengumpulkan poin?

Kebanyakan orang pasti akan lebih sering berkunjung setelah menjadi anggota dibandingkan belum menjadi anggota. Hal ini tentunya karena Anda mampu menawarkan keuntungan yang menarik bagi pelanggan.

4. Mendorong terjadinya referensi

Kekuatan pemasaran yang paling besar adalah kemampuan penyebaran berita dari mulut ke mulut, atau dapat disebut sebagai referensi.

Pelanggan yang mereferensikan bisnis Anda kepada temannya mungkin akan 100x lebih berpengaruh dibandingkan segala strategi pemasaran yang dapat dilakukan.

Dengan program loyalitas, orang cenderung akan memberikan referensi dan mengajak kerabat terdekatnya untuk melakukan hal yang sama dengan yang ia lakukan.

Dalam hal ini, pelanggan berarti mengajak mereka untuk melakukan pembelian dan meningkatkan omset dari bisnis Anda.

5. Mengkonversi pelanggan menjadi advokat merek

Mendapatkan pendukung merek akan memberikan Anda nilai yang lebih dari sekadar melakukan pembelian ulang karena mereka menjadi perpanjangan tim pemasaran Anda.

Mereka tidak takut untuk mempromosikan merek Anda secara pribadi di media sosial atau merekomendasikan produk kepada teman dan keluarga. Program loyalitas adalah salah satu bentuk terbaik untuk advokasi merek.

Nah, itulah tadi 5 alasan mengapa adanya program loyalitas akan mampu meningkatkan penjualan Anda.

Dalam prosesnya, cobalah untuk memulai program loyalitas jika saat ini Anda belum memilikinya.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: