Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi - Semua orang yang berada dalam posisi otoritas pasti mengetahui bahwa melepaskan kendali dan mendelegasikan tugas kepada orang lain merupakan hal yang sulit.
Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi
Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi

Hal inilah yang membuat para pemimpin perusahaan lebih memilih untuk melakukan pekerjaan sendiri dan tidak mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan.

Padahal mendelegasikan tugas merupakan salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan produktivitas, mengelola beban kerja yang besar, dan bertujuan agar bisa mencapai sasaran dengan tepat waktu.

Kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 5 teknik delegasi yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin perusahaan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

5 Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi

1. Berikan Tugas dan Kepercayaan Sepenuhnya

Agar bisa berhasil mendelegasikan tugas, maka Anda harus mengambil resiko besar yaitu melepaskan kendali kepada karyawan.

Anda harus berhenti berpikir bahwa hanya Anda yang mempunyai ide bagus dan mulailah memberikan kepercayaan kepada anggota tim.

Mendelegasikan tugas bukan berarti membuat keputusan untuk anggota tim Anda. Berikan mereka ruang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sehingga mereka bisa menghasilkan ide dan solusi terbaik.

Mulailah mendelegasikan tugas dengan melepaskan tugas-tugas ringan kepada para karyawan.

Jika mereka sudah bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik, maka berikan pekerjaan dengan prioritas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan menggunakan pendekatan di atas secara bertahap, maka Anda bisa meningkatkan kompetensi karyawan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2 .Delegasikan Tugas Kepada Orang yang Tepat

Saat akan mendelegasikan tugas, Anda membutuhkan pertimbangan yang matang. Artinya, jangan sampai Anda mendelegasikan tugas kepada orang yang salah.

Sebelum mendelegasikan sebuah tugas, Anda harus benar-benar mengamati kekuatan, kelemahan, dan keterampilan yang dimiliki oleh anggota tim.

Pengetahuan ini memunginkan Anda untuk menyesuaikan orang yang tepat dengan pekerjaan yang akan diberikan.

3. Sampaikan Instruksi Dengan Jelas

Tidak bisa menyampaikan instruksi dengan benar akan berperan terhadap kegagalan tugas atau pekerjaan yang dilakukan karyawan.

Agar meningkatkan peluang tugas dilakukan dengan baik, Anda harus memberikan instruksi dengan jelas kepada mereka.

Jangan sampai anggota tim Anda menebak apa yang harus mereka lakukan, kerena merasa bingung dengan instruksi yang diberikan.

Sebagai tahap awal Anda bisa memberikan panduan kepada karyawan untuk melakukan tugas, jika mereka bisa melakukannya dengan benar, silahkan melepaskan kendali untuk mereka.

4. Delegasikan Pekerjaan Berdasarkan Minat dan Ketertarikan

Selain menyesuaikan keterampilan dengan tugas yang akan diberikan, Anda harus mampu mendorong anggota tim untuk melakukan tugas yang menarik minat mereka.

Anda harus membangun alasan apa yang membuat karyawan bersedia untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang diberikan.

Minat dan ketertarikan akan sesuatu hal merupakan salah satu alasan yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi karyawan melakukan apa yang menjadi tugas mereka.

5. Tetapkan Tenggat Waktu dan Lakukan Evaluasi

Saat Anda mendelegasikan tugas kepada karyawan, pastikan untuk menyampaikan kapan tenggat waktu pekerjaan tersebut harus selesai.

Anda juga harus melakukan evaluasi atas pekerjaan dan tugas agar sasaran yang diinginkan berjalan sesuai dengan tujuan.

Jadwalkan evaluasi pekerjaan setiap minggu sekali atau Anda bisa memeriksa hasil pekerjaan setelah mereka menjalankan setengah dari tugas yang diberikan.

Jangan sampai Anda tidak peduli dengan pekerjaan dan tugas yang sudah diberikan kepada karyawan.

Tujuan utamanya adalah memastikan setiap pekerjaan yang didelegasikan berjalan dengan benar dan tidak ada penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Dengan menerapkan 5 hal di atas, Anda bisa meningkatkan keterampilan mendelegasikan tugas dan pekerjaan dengan lebih baik.

Anda juga bisa menjadi seorang pemimpin atau manajer yang lebih efektif dan bisa melakukan pekerjaan lain yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Kemampuan mendelegasikan tugas sangat erat berhubungan dengan kemampuan leadership yang baik.

Jika memungkinkan, Anda bisa mengikuti pendidikan non-formal untuk mempelajari keterampilan leadership.

Sisihkan sebagian waktu dalam seminggu untuk belajar dan meningkatkan keterampilan leadership agar Anda bisa menjadi pemimpin yang efektif.

Jangan khawatir dengan biaya pendidikan yang tinggi dan bisa memberatkan keuangan keluarga Anda.

Saat ini sudah ada solusi yang bisa membantu Anda membayar biaya pendidikan tersebut. KoinPintar menawarkan solusi pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal yang bisa digunakan semua kalangan.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: