Dalam aktivitas jual dan beli tidak selamanya Anda harus membayar harga yang ditawarkan oleh penjual. Anda bisa melakukan negosiasi harga atas suatu produk atau layanan, saat Anda merasa harga yang ditawarkan oleh penjual terlalu tinggi dan kemahalan.
Dengan bernegosiasi, maka terbuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah daripada harga awal.
Tidak bisa bernegosiasi? Tenang saja, kami sudah merangkum 6 taktik bernegosiasi yang memungkinkan Anda mendapatkan harga lebih rendah.
Jika Anda mengetahui berapa biaya pokok sebuah produk dan layanan, hal ini membuat Anda bisa menjelaskan tentang alasan mengapa produk tersebut bisa lebih murah lagi.
Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pihak penjual bersedia menurunkan harga jual produknya.
Selanjutnya, perhatikan alasan seorang penjual menawarkan produk atau layanan tersebut kepada Anda. Jika Anda membeli produk bekas dari penjual yang berniat membuang perabotan, maka tidak akan kesulitan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Dengan mengetahui alasan mengapa sebuah produk tersebut dijual membuat Anda mendapatkan gambaran tentang berapa banyak uang yang harus dibayarkan.
Sebelum menurunkan harga, pastikan Anda mengetahui berapa harga produk tersebut di pasaran pada umumnya.
Dengan cara ini, maka Anda sudah memiliki modal dasar dalam bernegosiasi dan berkesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Pahami harga pasar, harga pokok sebuah produk, dan margin keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak penjual.
Jangan sampai negosiasi yang Anda lakukan membuat penjual tidak mendapatkan margin keuntungan yang optimal.
Saat hal ini terjadi, pihak penjual biasanya akan berusaha memecah keheningan dan mulai memberikan penawaran yang masuk akal dan saling menguntungkan.
Biarkan saja pihak penjual terus berbicara dan merasa tidak aman dengan sikap yang Anda tunjukkan. Berikan ekspresi keraguan untuk membayar harga yang mereka tawarkan kepada Anda.
Sebagai contohnya, saat ini banyak sekali operator seluler yang bersedia memberikan layanan tambahan atau produk tambahan kepada para pelanggan.
Hal ini bisa didapatkan saat para pelanggan bersedia melakukan kontrak jangka panjang untuk menggunakan layanan seluler yang ditawarkan.
Strategi ini bisa berhasil karena sangat sedikit bisnis yang bersedia kehilangan penjualan dan pelanggan.
Mereka merasa takut membiarkan pelanggan pergi tanpa melakukan pembelian produk atau layanan. Saat ini terjadi, maka Anda akan memiliki keunggulan saat bernegosiasi.
Saat Anda tidak mendapatkan harga yang diinginkan, maka pergilah menjauh dan segera keluar dari toko tersebut.
Pihak penjual yang tidak ingin kehilangan pelanggan pasti akan dengan senang hati memanggil Anda dan kembali membuat penawaran yang lebih menguntungkan.
Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa melakukan negosiasi itu perlu untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah.
Hanya saja, jangan sampai Anda mengabaikan kebutuhan penjual dan melakukan penawaran tanpa memperhitungkan margin keuntungan penjual, biaya pokok, dan biaya yang lainnya.
Mendapatkan penawaran harga yang saling menguntungkan kedua belah pihak adalah tujuan negosiasi yang paling baik.
Dengan mendapatkan harga yang jauh lebih murah, artinya ada lebih banyak dana yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya saja untuk berinvestasi di salah satu instrumen investasi yang tersedia
Dengan bernegosiasi, maka terbuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah daripada harga awal.
Tidak bisa bernegosiasi? Tenang saja, kami sudah merangkum 6 taktik bernegosiasi yang memungkinkan Anda mendapatkan harga lebih rendah.
6 Teknik Negosiasi yang Memungkinkan Anda Mendapatkan Harga Lebih Rendah
1Ketahui Beberapa Hal Dasar Sebelum Bernegosiasi
Jika ingin mendapatan harga lebih rendah, lakukanlah taktik bernegosiasi yang satu ini. Ketahui terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan oleh pihak penjual atas produk yang mereka tawarkan.Jika Anda mengetahui berapa biaya pokok sebuah produk dan layanan, hal ini membuat Anda bisa menjelaskan tentang alasan mengapa produk tersebut bisa lebih murah lagi.
Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pihak penjual bersedia menurunkan harga jual produknya.
Selanjutnya, perhatikan alasan seorang penjual menawarkan produk atau layanan tersebut kepada Anda. Jika Anda membeli produk bekas dari penjual yang berniat membuang perabotan, maka tidak akan kesulitan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Dengan mengetahui alasan mengapa sebuah produk tersebut dijual membuat Anda mendapatkan gambaran tentang berapa banyak uang yang harus dibayarkan.
2. Biarkan Penjual Menyebutkan Harganya Terlebih Dahulu
Saat mengizinkan pihak penjual untuk menyebutkan harga sebuah produk, Anda memiliki kesempatan untuk melawan dengan harga yang lebih rendah dari harga yang mereka tawarkan.Sebelum menurunkan harga, pastikan Anda mengetahui berapa harga produk tersebut di pasaran pada umumnya.
Dengan cara ini, maka Anda sudah memiliki modal dasar dalam bernegosiasi dan berkesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
3. Ketahui Batasan Dalam Melakukan Penawaran
Negosiasi harus saling menguntungkan kedua belah pihak dan tidak boleh ada pihak yang merasa dirugikan.Pahami harga pasar, harga pokok sebuah produk, dan margin keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak penjual.
Jangan sampai negosiasi yang Anda lakukan membuat penjual tidak mendapatkan margin keuntungan yang optimal.
4. Cobalah Untuk Diam dan Tidak Bicara
Keheningan di antara dua orang dalam proses negosiasi yang saling berhadapan akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Anda hanya perlu diam dan tidak perlu menanggapi tawaran yang diberikan oleh pihak penjual.Saat hal ini terjadi, pihak penjual biasanya akan berusaha memecah keheningan dan mulai memberikan penawaran yang masuk akal dan saling menguntungkan.
Biarkan saja pihak penjual terus berbicara dan merasa tidak aman dengan sikap yang Anda tunjukkan. Berikan ekspresi keraguan untuk membayar harga yang mereka tawarkan kepada Anda.
5. Minta Layanan Atau Produk Tambahan
Saat harga yang Anda tawarkan tidak diterima oleh pihak penjual, maka gunakan strategi untuk meminta produk atau layanan tambahan kepada mereka. Mungkin saja, Anda akan mendapatkan aksesoris tambahan saat melakukan pembelian produk tertentu.Sebagai contohnya, saat ini banyak sekali operator seluler yang bersedia memberikan layanan tambahan atau produk tambahan kepada para pelanggan.
Hal ini bisa didapatkan saat para pelanggan bersedia melakukan kontrak jangka panjang untuk menggunakan layanan seluler yang ditawarkan.
6. Pergi Menjauh
Taktik ini sepertinya sudah banyak dilakukan oleh para pembeli dan masih sangat efektif untuk dilakukan saat ini.Strategi ini bisa berhasil karena sangat sedikit bisnis yang bersedia kehilangan penjualan dan pelanggan.
Mereka merasa takut membiarkan pelanggan pergi tanpa melakukan pembelian produk atau layanan. Saat ini terjadi, maka Anda akan memiliki keunggulan saat bernegosiasi.
Saat Anda tidak mendapatkan harga yang diinginkan, maka pergilah menjauh dan segera keluar dari toko tersebut.
Pihak penjual yang tidak ingin kehilangan pelanggan pasti akan dengan senang hati memanggil Anda dan kembali membuat penawaran yang lebih menguntungkan.
Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa melakukan negosiasi itu perlu untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah.
Hanya saja, jangan sampai Anda mengabaikan kebutuhan penjual dan melakukan penawaran tanpa memperhitungkan margin keuntungan penjual, biaya pokok, dan biaya yang lainnya.
Mendapatkan penawaran harga yang saling menguntungkan kedua belah pihak adalah tujuan negosiasi yang paling baik.
Dengan mendapatkan harga yang jauh lebih murah, artinya ada lebih banyak dana yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya saja untuk berinvestasi di salah satu instrumen investasi yang tersedia
Post A Comment:
0 comments: