Dalam dunia bisnis, feedback atau umpan balik merupakan salah satu poin penting yang mampu mengukur kesuksesan bisnis seseorang.
Feedback bisa digunakan sebagai acuan ke mana bisnis Anda seharusnya melangkap. Lebih jauh lagi, feedback seringnya dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dalam melakukan evaluasi bisnis.
Feedback bisa didapatkan dari mana saja, tapi tentu yang paling penting adalah feedback dari para pelanggan Anda.
Bagi Anda yang memiliki bisnis online, feedback dari pelanggan mampu menjadi jejak digital yang akan meningkatkan citra bisnis di mata pelanggan. Namun, bagaimana sih, caranya mendapatkan feedback dari pelanggan? Ini dia 5 caranya.
Anda bisa menggunakan media sosial yang kini sudah lebih cangih berkat fitur polling. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menanyakan berbagai pertanyaan mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan.
Biasanya, email banyak digunakan sebagai media komunikasi karena pelanggan merasa lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat secara panjang lebar. Bahkan, mereka juga bisa menyertakan foto di dalamnya.
Dibanding menunggu feedback dari pelanggan, mengapa tidak Anda yang mengirimkan email dan menanyakan pendapat lebih dulu?
Misalnya, ada pelanggan yang menggunakan jasa trip organizer Anda. Nah, setelah Anda selesai memberikan layanan kepada pelanggan tersebut, kirimkan email kepada mereka untuk menanyakan pengalaman mereka saat menggunakan jasa Anda.
Berikan juga pertanyaan mengenai hal-hal apa saja yang perul diperbaiki sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bisnis Anda.
Selanjutnya, keep in touch! Kirimkan email lain yang berisi informasi tentang bisnis Anda supaya pelanggan senantiasa uptodate dengan perkembangan bisnis Anda.
Pastikan Anda memfilter komentar mana saja yang akan ditampilkan guna mencegah munculnya komentar spam.
Misalnya, setelah Anda melakukan acara offline, mintalah para pelanggan yang hadir untuk mengisi kuesioner dari Anda. Ada baiknya jumlah pertanyaannya dibatasi supaya tidak memakan waktu lama dalam pengisiannya.
Meski akan boros kertas, ini akan menjamin Anda mendapatkan feedback dari pelanggan.
Di sisi lain, Anda juga bisa mengadakan lomba review terbaik di mana para pelanggan bisa mengulas produk Anda di media sosial atau website mereka.
Reward yang diberikan pun tidak perlu sampai menguras budget bisnis Anda. Anda bisa memberikan gantungan kunci, tumblr, kaos, voucher transportasi online, uang tunai, dan sebagainya.
Bagaimana, sudah siap meningkatkan bisnis Anda lewat feedback dari pelanggan? Semoga hasil yang didapatkan mampu mendukung Anda untuk mengembangkan bisnis lebih lebar lagi.
Feedback bisa digunakan sebagai acuan ke mana bisnis Anda seharusnya melangkap. Lebih jauh lagi, feedback seringnya dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dalam melakukan evaluasi bisnis.
Feedback bisa didapatkan dari mana saja, tapi tentu yang paling penting adalah feedback dari para pelanggan Anda.
Bagi Anda yang memiliki bisnis online, feedback dari pelanggan mampu menjadi jejak digital yang akan meningkatkan citra bisnis di mata pelanggan. Namun, bagaimana sih, caranya mendapatkan feedback dari pelanggan? Ini dia 5 caranya.
5 Cara Mendapatkan Feedback dari Pelanggan
1. Lakukan survey online
Untuk mengetahui pendapat pelanggan, dengan menyebar survey secara online tentu akan lebih memudahkan.Anda bisa menggunakan media sosial yang kini sudah lebih cangih berkat fitur polling. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menanyakan berbagai pertanyaan mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan.
2. Kirim email kepada pelanggan Anda
Biasanya, apabila pelanggan Anda memiliki pertanyaan atau keluhan, mereka akan menghubungi Anda via telepon, email, atau media sosial.Biasanya, email banyak digunakan sebagai media komunikasi karena pelanggan merasa lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat secara panjang lebar. Bahkan, mereka juga bisa menyertakan foto di dalamnya.
Dibanding menunggu feedback dari pelanggan, mengapa tidak Anda yang mengirimkan email dan menanyakan pendapat lebih dulu?
Misalnya, ada pelanggan yang menggunakan jasa trip organizer Anda. Nah, setelah Anda selesai memberikan layanan kepada pelanggan tersebut, kirimkan email kepada mereka untuk menanyakan pengalaman mereka saat menggunakan jasa Anda.
Berikan juga pertanyaan mengenai hal-hal apa saja yang perul diperbaiki sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bisnis Anda.
Selanjutnya, keep in touch! Kirimkan email lain yang berisi informasi tentang bisnis Anda supaya pelanggan senantiasa uptodate dengan perkembangan bisnis Anda.
3. Tampilkan kolom komentar pada website Anda
Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa menampilkan kolom komentar pada website Anda. Dengan demikian, pelanggan bisa menyampaikan kritik dan saran secara langsung.Pastikan Anda memfilter komentar mana saja yang akan ditampilkan guna mencegah munculnya komentar spam.
4. Sebar kuesioner setelah acara
Apabila Anda tidak yakin bahwa pelanggan Anda mau mengisi survey secara online atau lewat email yang Anda kirimkan, mengapa tidak menyebarnya secara offline?Misalnya, setelah Anda melakukan acara offline, mintalah para pelanggan yang hadir untuk mengisi kuesioner dari Anda. Ada baiknya jumlah pertanyaannya dibatasi supaya tidak memakan waktu lama dalam pengisiannya.
Meski akan boros kertas, ini akan menjamin Anda mendapatkan feedback dari pelanggan.
5. Berikan reward untuk pelanggan Anda
Tidak semua pelanggan ingin menyampaikan pendapat mereka mengenai produk atau layanan bisnis Anda. Maka dari itu, memberikan reward bisa menjadi solusi jitu untuk mengajak mereka menceritakan pengalamannya.Di sisi lain, Anda juga bisa mengadakan lomba review terbaik di mana para pelanggan bisa mengulas produk Anda di media sosial atau website mereka.
Reward yang diberikan pun tidak perlu sampai menguras budget bisnis Anda. Anda bisa memberikan gantungan kunci, tumblr, kaos, voucher transportasi online, uang tunai, dan sebagainya.
Bagaimana, sudah siap meningkatkan bisnis Anda lewat feedback dari pelanggan? Semoga hasil yang didapatkan mampu mendukung Anda untuk mengembangkan bisnis lebih lebar lagi.
Post A Comment:
0 comments: