Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja - Salah satu solusi untuk meningkatkan karir biasanya pindah kerja ke tempat lain. Di tempat yang baru kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik dan juga gaji yang lebih tinggi dibanding tempat semula. Meskipun demikian, pindah kerja butuh banyak pertimbangan. Tawaran gaji tinggi atau posisi yang baik tidak menjamin kamu bisa hepi di tempat kerja yang baru.
Berikut ini adalah enam hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan pindah kerja:
Itu namanya sia-sia alias tidak berkembang. Ingat, dalam banyak hal, semua orang pasti ingin meningkatkan karir mereka.
Status karyawan ini sangat penting untuk mengetahui apakah kamu bisa mengandalkan perusahaan tadi untuk karirmu ke depan. Biasanya karir yang baik hanya bisa didapatkan bila karyawan berstatus karyawan tetap. Di samping itu, ada satu keuntungan lain bila menjadi karyawan tetap. Yaitu proses pengajuan pinjaman seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan menjadi lebih mudah. Karena bank sering memberikan syarat calon debitur untuk menjadi karyawan tetap kalau ingin mengajukan pinjaman.
Selain itu disarankan untuk pindah kerja ke perusahaan yang sudah memiliki kredibilitas dan cukup prominent dibanding perusahaan sebelumnya. Ini juga jadi tanda peningkatan karir dan kamu tidak perlu risau kalau perusahaan itu akan bermasalah. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain apakah perusahaan itu bagus atau tidak.
Tidak cuma fasilitas tunjangan saja, di kantor tersebut Anda seharusnya mendapat fasilitas yang bisa mendukung pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah laptop atau komputer dengan spesifikasi sesuai yang dibutuhkan. Kalau sampai hal itu harus disiapkan sendiri, maka kamu lah yang akan disulitkan i lain hari.
Jangan sampai kamu masuk ke tempat kerja baru tetapi lingkungannya tidak menyenangkan. Bisa-bisa kamu tidak betah dan harus mencari pekerjaan baru lagi.
Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja |
Berikut ini adalah enam hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan pindah kerja:
1. Lokasi Tempat Kerja
Location does matter. Pastikan tempat kerjamu yang baru berlokasi mudah dijangkau baik dengan moda transportasi mau pun kendaraan pribadi. Terkadang lokasi tempat kerja yang jauh dan sulit diakses menyebabkan kamu sering terlambat dan buntut-buntutnya malas ke kantor. Kalau sudah begini, bagaimana mungkin kamu bisa meningkatkan karir?2. Posisi di Tempat Baru
Kamu pindah kerja karena ingin meningkatkan karir dan juga gaji kan? Maka pastikan kamu mendapatkan dua hal tadi di tempat baru. Jangan sampai kamu pindah kerja, tetapi gaji kamu lebih kecil dibanding sebelumnya, atau menduduki posisi yang lebih rendah.Itu namanya sia-sia alias tidak berkembang. Ingat, dalam banyak hal, semua orang pasti ingin meningkatkan karir mereka.
3. Status Pegawai
Ini hampir sama dengan poin di atas, tetapi lebih spesifik yaitu status kamu saat diterima kerja. Beberapa perusahaan menerapkan sistem kontrak selama beberapa bulan, kemudian mengangkat karyawan tadi menjadi karyawan tetap. Namun ada juga yang menerapkan sistem karyawan kontrak dan memperbaharui kontrak hingga jangka waktu tertentu.Status karyawan ini sangat penting untuk mengetahui apakah kamu bisa mengandalkan perusahaan tadi untuk karirmu ke depan. Biasanya karir yang baik hanya bisa didapatkan bila karyawan berstatus karyawan tetap. Di samping itu, ada satu keuntungan lain bila menjadi karyawan tetap. Yaitu proses pengajuan pinjaman seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan menjadi lebih mudah. Karena bank sering memberikan syarat calon debitur untuk menjadi karyawan tetap kalau ingin mengajukan pinjaman.
4. Kondisi Perusahaan Baru
Sebelum tanda tangan kontrak, kamu harus memastikan bagaimana keadaan tempat kerja baru tersebut. Jangan sampai baru beberapa bulan kamu bekerja di sana, perusahaan tersebut bangkrut. Kamu bisa mengecek tempat bekerja baru dari teman-temanmu atau website perusahaan.Selain itu disarankan untuk pindah kerja ke perusahaan yang sudah memiliki kredibilitas dan cukup prominent dibanding perusahaan sebelumnya. Ini juga jadi tanda peningkatan karir dan kamu tidak perlu risau kalau perusahaan itu akan bermasalah. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain apakah perusahaan itu bagus atau tidak.
5. Fasilitas yang Diterima
Sebagai pegawai, kamu pasti mendapatkan beberapa fasilitas seperti tunjangan transportasi, tunjangan uang makan, tunjangan cuti dan lain-lain. Nah, pastikan kamu mendapatkan aneka fasilitas yang menguntungkan itu di tempat baru. Kalau bisa fasilitas itu lebih banyak dan bagus dibanding tempat kerja yang lama.Tidak cuma fasilitas tunjangan saja, di kantor tersebut Anda seharusnya mendapat fasilitas yang bisa mendukung pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah laptop atau komputer dengan spesifikasi sesuai yang dibutuhkan. Kalau sampai hal itu harus disiapkan sendiri, maka kamu lah yang akan disulitkan i lain hari.
6. Lingkungan Bekerja
Tempat bekerja yang memiliki turn-over terlalu tinggi biasanya sudah menunjukkan kalau ada yang tidak beres dengan perusahaan tersebut. Jadi sebelum bergabung kamu harus mendapatkan informasi tentang situasi lingkungan bekerja. Termasuk menjawab beberapa pertanyaan seperti apakah karyawannya diperlakukan dengan baik oleh atasan?Jangan sampai kamu masuk ke tempat kerja baru tetapi lingkungannya tidak menyenangkan. Bisa-bisa kamu tidak betah dan harus mencari pekerjaan baru lagi.
Post A Comment:
0 comments: