Hambatan Mengapa Anda Tidak Bisa Mendengarkan Dengan Efektif - Kemampuan mendengarkan yang buruk bisa merugikan bisnis atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini.
Hambatan Mengapa Anda Tidak Bisa Mendengarkan Dengan Efektif
Hambatan Mengapa Anda Tidak Bisa Mendengarkan Dengan Efektif

Kurangnya kemampuan berkomunikasi bisa berdampak buruk terhadap produktivitas dan merusak reputasi yang Anda miliki.

Tidak hanya itu saja, komunikasi yang buruk dan tidak bisa mendengarkan bisa menyebabkan konflik dan menimbulkan kesalahpahaman antara rekan kerja.

Masalah yang ada di atas membuat kemampuan untuk mendengarkan sangat perlu untuk dimiliki oleh seseorang.

Pada penjelasan kali ini, kami akan mencoba untuk membahas tentang apa saja hambatan dalam mendengarkan yang perlu diperbaiki.

Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Anda Mudah Teralihkan Oleh Berbagai Faktor


Ada banyak sekali gangguan yang membuat Anda tidak bisa mendengarkan dengen efektif, misalnya saja lebih memperhatikan ponsel pintar daripada orang yang sedang diajak berbicara.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa juga teralihkan dengan memikirkan masalah lain dan merenung atau yang semacamnya.

Hal-hal seperti ini ternyata bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendengarkan.

2. Anda Terlalu Banyak Bicara

Percakapan yang baik harus berjalan 2 arah dan tidak boleh ada pihak yang memonopoli percakapan.

Jika Anda ingin membalas pembicaraan, maka sebaiknya tunggu sampai lawan bicara sudah selesai menyampaikan pesan kepada Anda.

Ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini. Pertama, Anda perlu membiarkan pihak lain untuk mengkomunikasikan seluruh pemikiran mereka sebelum Anda menanggapi.

Tunggu sampai mereka menuntaskan semua pemikiran, meskipun Anda tidak setuju dengan pendapat yang diucapkan.

Selanjutnya, Anda bisa mencegah diri sendiri memonopoli percakapan dengan mengizinkan orang lain untuk berbicara terlebih dahulu.

Selanjutnya, jika Anda perlu melakukan klarifikasi tentang detail atau ide tertentu, Anda bisa mengangkat tangan dan meminta penjelasan dengan sopan.

Cara seperti ini dianggap lebih sopan daripada Anda langsung mempertanyakan sesuatu tanpa meminta izin.

3. Anda Terlalu Emosi Saat Mendengarkan

Saat merasa diserang, maka hal ini bisa saja menyebabkan Anda merasa marah dan mulai menunjukkan sikap defensif.

Hal seperti inilah yang bisa menjadi faktor yang membuat seseorang berhenti untuk mendengarkan orang lain.

Jika Anda mempunyai masalah pribadi dengan pembicara, maka aktivitas mendengarkan tidak akan berjalan dengan efektif karena Anda dipenuhi oleh rasa emosi.

4. Lingkungan Tidak Mendukung

Saat Anda banyak masyarakat yang lebih suka melakukan pertemuan atau rapat di kedai kopi atau di tempat ramai yang lainnya.

Hal yang jarang disadari adalah tempat ramai merupakan lokasi yang tidak mendukung Anda untuk mendengarkan dengan efektif.

Kebisingan merupakan gangguan nyata yang bisa membuat Anda sulit untuk mendengarkan dan memahami dengan baik apa yang diucapkan oleh orang lain.

Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal di atas?

Anda bisa menjadwalkan pertemuan di tempat yang tenang seperti di dalam kantor atau di dalam ruangan yang memiliki pintu tertutup.

Mulai percakapan Anda dengan terlebih dahulu mematikan gangguan seperti, suara TV, radio, dan musik.

5. Anda Tidak Fokus Saat Mendengarkan Orang Lain

Tidak fokus mendengarkan adalah suatu kondisi saat pikiran Anda mengembara ke tempat yang lain dan tidak memperhatikan apa yang sedang diucapkan oleh orang lain.

Tidak fokus dengan lawan bicara membuat Anda tidak bisa memahami dengan baik apa yang sedang diucapkan

Sebenarnya untuk mengatasi masalah di atas sangatlah sederhana, dimana Anda hanya perlu fokus untuk setiap kalimat yang sedang diucapkan lawan bicara.

Jangan meremehkan lawan bicara, meskipun saat ini Anda memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi dari lawan bicara.

Anggap saja lawan bicara Anda memiliki informasi yang dibutuhkan dan penting untuk disimak.

Kemampuan untuk mendengarkan dengan efektif sebenarnya sangat berkaitan erat dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Artinya jka Anda memiliki keterampilan komunikasi yang efektif, maka Anda pasti memiliki keterampilan mendengarkan yang lebih baik.

Kedua keterampilan ini sangat penting agar Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan orang lain yang berada di sekitar.

Bagaimana cara untuk melatihnya?

Anda bisa memulainya dengan membaca buku yang berkaitan dengan keterampilan mendengarkan dan berkomunikasi yang efektif.

Ada banyak sekali praktisi dan ahli yang menulis buku tentang kemampuan public speaking dan sejenisnya.

Jika Anda tidak suka membaca buku, maka pilihan bisa dijatuhkan dengan mengikuti workshop atau pendidikan non-formal yang disediakan oleh lembaga tertentu.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: